Jakarta, 19 November 2020 – PT PP (Persero) Tbk, salah satu perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia (“Perseroan”) bersama anak usahanya yang bergerak di bidang investasi infrastruktur, yaitu PT PP Infrastruktur (“PP Infra”) melakukan acara groundbreaking ceremony atas pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (“SPAM”) Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.
Acara tersebut diselenggarakan pada hari Kamis (19/11) bertempat di Hotel Pangerang, Pekanbaru, Riau dengan menggunakan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Acara groundbreaking ceremony ditandai secara simbolis dengan penekanan tombol bersama di layar dimana dalam acara tersebut turut dihadiri oleh Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Pemukiman Kementerian PUPR R. Haryo Bekti Martoyoedo, Gubernur Provinsi Riau Syamsuar, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Perseroan Agus Purbianto, Direktur Utama PP Infra Didik Mardiyanto, dsb.

PT PP Tirta Riau merupakan Badan Usaha Kerjasama (“BUK”) yang dibentuk oleh Konsorsium PPMV yang terdiri dari: PT PP (Persero) Tbk, PT PP Infrastruktur, Maynilad Water Services Inc, dan PT Varsha Zamindo Lestari sebagai pelaksana pembangunan SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. Setelah beroperasi nanti, SPAM tersebut akan melayani +624.000 jiwa (sekitar 102.000 Sambungan Rumah) di 5 (lima) kecamatan, yaitu: Tampan, Bukit Raya, Marpoyan Damai, Siak Hulu, dan Tambang dengan peningkatan cakupan layanan 0% di area pelayanan menjadi 55 % (greenfields).

SPAM ini memiliki kapastitas 1.000 liter per detik (“lpd”) antara PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru, PDAM Tirta Kampar Kabupaten Kampar, dan PT Sarana Pembangunan Riau dimana sumber air baku berasal dari Sungai Kampar. Kerjasama ini akan berlangsung selama 30 (tiga puluh) tahun antara PT PP Tirta Riau, PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru, PDAM Tirta Kampar Kabupaten Kampar, dan PT Sarana Pembangunan Riau melalui Divisi Air nya yang merupakan cikal bakal terbentuknya BUMD Air Provinsi Riau.

“Investasi ini merupakan investasi mandiri yang seluruh pembiayaannya berasal Capital Expendiiture (“Capex”) PT PP Tirta Riau dimana kepemilikan sahamnya dipegang oleh Konsorsium PPMV. Total nilai investasi yang akan digelontorkan oleh PT PP Tirta Riau adalah sebesar Rp. 2 triliun. Perlu disampaikan bahwa PP Infra saat ini merupakan satu-satunya investor dan perusahaan pertama di Indonesia yang mengembangkan infrastruktur SPAM dari hulu hingga hilir yang akan meliputi pembiayaan pembangunan Instalasi Pengolahan Air kapasitas output 1.000 lpd, beserta seluruh bangunan kelengkapannya, pembangunan pipa transmisi, pembangunan seluruh jaringan distribusi dan retikulasi hingga sampai ke para pelanggan di area pelayanan, serta membantu kedua PDAM untuk peningkatan kinerja dengan adanya ‘twinning program’,” ujar Didik Mardiyanto selaku Direktur Utama
PP Infra.

“SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar direncanakan akan melayani kebutuhan pelanggan Rumah Tangga maupun Non Rumah Tangga yang memiliki output standar kualitas air minum sampai di pelanggan dengan pelayanan 24 jam/ per hari. Kegiatan Groundbreaking Ceremony ini merupakan upaya untuk mempercepat proses dimulainya tahapan pembangunan SPAM yang akan dimulai pada awal tahun 2021 dan diharapkan air minum akan mengalir sampai di rumah pelanggan secara bertahap mulai di tahun 2022,” ujar Agus Purbianto selaku Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Perseroan menambahkan kepada media.