Pada hari ini, Kamis 23 Juli 2020 di Hotel Pangeran – Pekanbaru, PT PP Tirta Riau yang merupakan Badan Usaha Kerjasama (BUK) yang dibentuk oleh Konsorsium PPMV (PT PP (Persero) Tbk – PT PP Infrastruktur – Maynilad Water Services Inc – PT. Varsha Zamindo Lestari) sebagai pelaksana Kerjasama telah menandatangani Perjanjian Kerjasama Bangun Sewa Serah Unit Distribusi dengan PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru dan PDAM Tirta Kampar Kabupaten Kampar.

Selain itu pada saat yang bersamaan telah dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara PT Sarana Pembangunan Riau dengan PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru dan PDAM Tirta Kampar Kabupaten Kampar untuk Perjanjian Kerjasama Jual Beli Air Minum Curah.

Perjanjian ini merupakan rangkaian dan bagian dari kerjasama Penyelenggaraan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, Kapasitas 1000 Liter Per Detik. SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar akan melayani +624.000 jiwa (sekitar 102.000 Sambungan Rumah) di 5 kecamatan yaitu: Tampan, Bukit Raya, Marpoyan Damai, Siak Hulu, dan Tambang dengan peningkatan cakupan layanan 0 % di area pelayanan, menjadi 55 % (greenfields).

Sebagai sumber air baku adalah Sungai Kampar. Total nilai investasi yang akan digelontorkan oleh PT PP Tirta Riau adalah sebesar Rp. 2 triliun, yang akan meliputi pembiayaan pembangunan Instalasi Pengolahan Air kapasitas output 1000 lpd, beserta seluruh bangunan kelengkapannya, pembangunan pipa transmisi, pembangunan seluruh jaringan distribusi di area pelayanan, serta membantu kedua PDAM untuk peningkatan kinerja dengan adanya ‘twinning program’.

SPAM ini direncanakan melayani kebutuhan pelanggan Rumah Tangga maupun Non Rumah Tangga yang memiliki output standar kualitas air minum sampai di pelanggan, dengan pelayanan 24 jam/hari. Setelah ditandatanganinya seluruh Perjanjian Kerjasama ini, proses selanjutnya yaitu pemenuhan persyaratan pendahuluan.

Groundbreaking akan direncanakan dalam waktu dekat dan diharapkan air minum akan mengalir sampai di rumah pelanggan secara bertahap mulai di tahun 2022.

Kerjasama ini akan berlangsung selama 30 tahun antara PT PP Tirta Riau, PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru, PDAM Tirta Kampar Kabupaten Kampar, dan PT Sarana Pembangunan Riau melalui Divisi Air nya yang merupakan cikal bakal terbentuknya BUMD Air Provinsi Riau.

spam-lintas-kota-pekan-baru-pt-pp-infrastruktur