SPAM-Angke-PT-PP-Infrastruktur
Peresmian SPAM Kali Angke

Saat ini Kota Tangerang Selatan belum mempunyai Sistem Air Minum yang dioperasikan sendiri dan masih mengandalkan pelayanan dari PDAM TKR Kabupaten Tangerang serta pelayanan air minum mandiri di perumahan skala besar yang dikelola oleh Pengembang (developer). Cakupan pelayanan air minum kota Tangerang Selatan sebelumnya masih sangat rendah yaitu 7%, sedangkan target pada RPIJM Penyediaan Air Minum Kota Tangerang Selatan yang harus dicapai adalah 40% pada tahun 2019.

Terkait hal tersebut diatas, PT PITS sebagai BUMD TangSel, melalui Divisi Air, telah melakukan serangkaian proses pengadaan Badan Usaha untuk memilih mitra kerjasama yang handal dalam hal pembiayaan/investasi, pembangunan dan pengoperasian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kali Angke untuk kerjasama selama 30 tahun.

PT PP Infrastruktur sebagai mitra kerjasama PT PITS adalah anak perusahaan dari PT PP (Persero) Tbk, dan telah membentuk Badan Usaha Pelaksana Kerjasama yaitu PT Tirta Tangsel Mandiri (TTM).

Dengan pembangunan proyek ini diharapkan dapat menambah pelayanan untuk 33.500 lebih sambungan langsung ke rumah-rumah, yang berarti memberikan tambahan layanan sekitar 167.000 penduduk TangSel (+/- 38%) untuk mendapatkan akses langsung air minum.

Adapun lingkup kerja proyek ini adalah:

a. Pembangunan dan Pengoperasian Unit Air Baku:

  1. Bangunan sadap dan bendung air baku yang didesain mampu mengalirkan air baku secara menerus sebesar 240 liter/detik.
  2. Pipa transmisi air baku dan sistem pemompaan air baku.

b. Pembangunan dan Pengoperasian Unit Produksi dan Reservoir Air Minum:

  1. Instalasi Pengolahan Air Minum berkapasitas output sebesar 220 liter/detik, dan saat ini sudah beroperasi 100 liter/detik.
  2. Sistem perpompaan air minum untuk jaringan distribusi. 
  3. Bangunan Pelengkap/Penunjang (Kantor pengelola, ruang laboratorium, ruang gudang kimia, ruang kerja operator, bangunan genset).
  4. Sistem kontrol instalasi pengolahan air SCADA dan sistem kontrol distribusi dengan VSD (Variable Speed Drive).
  5. Pemasangan daya listrik PLN dan Genset.

c.Pembangunan Jaringan Distribusi sampai retikulasi sepanjang +/- 300 Km yang kemudian akan dioperasikan oleh PT PITS.