Pada hari Rabu (22/06), PT PP (Persero) Tbk (PTPP) melalui anak usaha dan cucu usaha yang bergerak di bidang investasi infrastruktur, yaitu PT PP Infrastruktur dan PT PP Tirta Tanah Merah melaksanakan pemancangan tiang pertama pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Tanah Merah yang nantinya menerapkan sejumlah teknologi baru.
SPAM Tanah Merah yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat merupakan kerjasama Bangun-Guna-Serah (BOT) PP Tirta Tanah Merah sebagai Badan Usaha Pelaksana (BUP) dengan PDAM Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi. Kerjasama tersebut dalam rangka peningkatan penyediaan air minum dengan kapasitas 200 liter per detik (lpd).

Acara pemancangan pertama SPAM Tanah Merah ini dihadiri Bupati Bekasi Dani Ramdan, Direktur Utama PDAM Bhagasasi Usep Rahman Salim, Direktur Operasi PT PP Infrastruktur Satya Priambodo, dan Direktur PT PP Tirta Tanah Merah Aan Hadiwibowo.

“Pemancangan tiang pertama ini merupakan awal proses dimulainya konstruksi Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA) untuk penyediaan air minum standar kualitas air minum bagi masyarakat sekitar pada 2023. IPA ini nantinya menerapkan teknologi, yaitu menggunakan material beton dengan kapasitas distribusi 200 lpd yang dilengkapi reservoir glass fused steel kapasitas tampung 3.500 m3. Sistem pengoperasian otomatis menggunakan
Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA)” ungkap Direktur Operasi PP Infrastruktur Satya Priambodo

Sementara itu, Direktur Utama PP Tirta Tanah Merah Aan Hadiwibowo mengatakan, SPAM Tanah Merah akan melayani pelanggan domestik dan komersial di area pelayanan PDAM Bhagasasi Cabang Lemah Abang. Kondisi saat ini, PDAM Bhagasassi baru memiliki kapasitas 50 lpd dan ditargetkan meningkat menjadi 250 lpd setelah SPAM ini terbangun.

“PP Tirta Tanah Merah sendiri akan mengutamakan terjaminnya kualitas, kuantitas, dan kontinuitas. PDAM Tirta Bhagasasi bersama PP Tirta Tanah Merah siap memberikan pelayanan yang terbaik dalam pengelolaan SPAM Tanah Merah ini,” ujar Aan Hadiwibowo dengan penuh optimis.